Pages

Selasa, 16 Desember 2014

Konfigurasi IP PBX Server dengan Windows 7 dan 3CX Phone System

1. Landasan Teori
1.1 Pengertian IP PBX Server
   IP PBX atau Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.
   Solusi berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan jaringan berbasis paket (IP/ATM).
    IP PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi teleponi, sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah Voicemail & Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution (ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS), Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based Management System.
    IP PBX dapat mendukung antarmuka trunk Analog FXO/FXS; Digital E1-MFC R2, ISDN BRI, ISDN PRI; IP (H.323/SIP/IAX); dan Analog Tie Line E&M. Selain itu, IP PBX dapat mendukung antarmuka ekstension Analog FXO/FXS; ekstension Digital; ISDN Interface BRI (2B+D); dan TCP IP (H.323/SIP/IAX).
Dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/IP_PBX.
 
1.2 3CX Phone System
    3CX Phone System adalah sebuah software IP PBX yang dapat menggantikan perangkat fisik PBX / PABX. IP PBX dari 3CX ini telah didevelop khusus untuk sistem operasi Windows dan berprotokol standar SIP, sehingga akan lebih mudah dimanage dan tentunya akan cocok dengan segala jenis SIP Phone, softphone maupun IP Phone.
   3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan voice mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call. Masing-masing user juga dapat mengkonfigurasi pengaturan extensinya masing-masing melalui web-based user portal, yang tentunya dapat diakses dari mana saja tanpa bantuan IT Staff. di antaranya fitur-fitur seperti Call Forwarding dan Caller ID.
   Dengan konsol web-based, administrator pun dapat dengan mudah membuat extensi-extensi baru dan mengubah pengaturan IP PBX. Dan karena 3CX Phone System adalah aplikasi Windows, tentunya akan sangat mudah dimonitor dan dikontrol. Anda dapat meingstall 3CX pada sebuah server yang sudah ada, atau bisa divirtualisasikan dan tidak memerlukan perangkat , tenaga dan biaya manajemen tambahan.
   Dan yang paling penting dari semua itu, dapat dengan mudah dibuat backup, untuk restorasi ke perangkat lain seandainya terjadi kerusakan pada server. 3CX Phone System menyediakan dua edisi, Commercial Editions dan FREE Edition. Keduanya produk yang sama tapi tentu saja yang Commercial Editions fiturnya lebih lengkap dan berbayar :P. Kedua produk dapat diinstallkan hampir di semua Windows versi desktop dan server.
Dikutip dari http://teknonesia.com/2012/04/3cx-phone-system-voip-server-untuk-os-windows.

2. Langkah-langkah mengkonfigurasi IP PBX Server dengan 3CX Phone System
1. Sebelum memulai penginstalan, pastikan didalam pc terdapat aplikasi installer NDP451, 3CXPhone6, dan 3CXPhone System.
2. Kemudian install ketiga aplikasi tersebut dengan menginstall NDP451 yang pertama, kemudian menginstall 3CXPhone6, dan 3CXPhone System.
3. Selanjutnya lakukan Konfigurasi 3CXPhone dimulai dengan memilih menu Local IP
pertama masukan Local IP address anda. Local IP address dapat dilihat dari ipconfig menggunakan menu commond prompt. Lihatlah IP pada detail wireless.
4. Sekarang lakukan settingan pada Public IP, pilih menu next tanpa mengisi Public IP.
5. Tahapan berikut  memilih menu Setting

 Akan keluar seperti tampilan gambar diatas, silahkan pilih Create New PBX lalu next.
6. Settingan dilanjutkan dengan memilih menu Extension Digits 

Terdapat 4 pilihan jumlah digit nomor extension yang bisa anda gunakan. Pada konfigurasi ini penulis memilih 3 digit, sehingga banyak nomor extension dalam melakukan komunikasi 3 digit.
7. Mail server bisa anda abaikan, lalu silahkan memilih pilihan next.
8. Selanjutnya pilih menu Administator Login and Password

Jika anda mau sesuai dengan gambar diatas, password yang digunakan sesuai dengan username yaitu admin. Username dan password dapat anda ganti sesuai keinginan anda.
9. Tahapan selanjutnya melakukan settingan pada menu Phone Setting. Menu ini berfungsi untuk konfigurasi Telepon. Anda dapat mengatur nomor extension, area, serta beberapa hal penting dalam konfigurasi telpon.
Tahap awal ini melakukan konfigurasi telpon sebagai operator. Digunakan nomor extension 100. Gunakan nomor yang sama untuk Authentication ID dan Authentication Password.
10. Menu yang selanjutnya disetting yaitu Region. Pilih negara sesuai tempat tinggal anda.
11. Untuk menu VoIP Provider, pilih skip saja.
12. Setelah selesai melakukan setting sebagai operator, silahkan masuk pada applikasi selanjutnya 3CXPhone Phone System Management Console. Lalu silahkan registrasi dengan username dan password yang telah disetting.
13. Setelah anda melakukan registrasi, selanjutnya pilih menu account setting. Silahkan masukan account name, extension number serta password yang sesuai nomor extension. Lakukan hal berikut untuk setiap user agar dapat saling berhubungan. Perlu diingat bahwa jangan sampai terdapat nomor extension yang sama untuk setiap user agar dapat saling berhubungan. Kemudian jika ingin menambahkan account silahlan pilih menu new. Penulis akan menambahkan 2 account dengan nama fajri untuk account ke-2 dan aufar untuk account ke-3. Kemudian ikuti langkah 9 sampai langkah 13.
14. Jika semua langkah diatas telah anda lakukan, maka akan muncul pada browser tampilan hasil berikut :

15.Saatnya melakukan pengetesan komunikasi. Dengan menggunakan aplikasi 3CXPhone6 , silahkan mendial nomor extension yang telah terdaftar. Hal yang perlu diperhatikan yaitu saat memasuki applikasi ini, silahkan mendaftar terlebih dahulu account anda hingga status 3CXPhone6 menjadi connected. Terhubung atau tidaknya 3CX Phone anda dapat dilihat pada 3CXPhone6 System Menagement Console dengan sub menu extension status pada operator. Berikut ini salah satu bentuk komunikasi yang telah dilakukan. Komunikasi dilakukan antara fajri dengan extension 101 terhadap aufar dengan extension 102. Berikut gambar hasil komunikasinya :

Gambar diatas sedang melakukan pemanggilan terhadap account bernama fajri dengan nomor 101. Dan berikut hasil jika komunikasi berhasil terhubung :
Jika tampilan 3CXPhone6 telah seperti gambar diatas saat melakukan dial ke nomor extension yang telah terdaftar, maka anda telah berhasil melakukan Konfigurasi VoIP dengan Software Based PBX for Windows 3CXPhone.
16. Anda juga bisa membuat hubungan komunikasi dengan 3 account sekaligus, dengan cara satu account menghubungi dua account yang lainnya. Dengan catatan ketiga account tersebut telah terdaftar atau telah registrasi dengan bukti pada kotak telah berwarna hijau.
Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa ketiga account telah terdaftar. Sehingga setiap account bisa menghubungi satu sama lain. Demikian langkah-langkah pengkonfigurasi IP PBX Server dengan Windows 7 dan 3CXPhone System. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar